Tutorial Photoshop : Membuat Efek Kertas Sobek Pada Teks


Artikel ini akan mejelaskan bagaimana cara membuat efek kertas sobek pada teks dengan menggunakan Photoshop. Sebelum proses editing dimulai, anda harus menginstall font bernama "Lot". Berikut tutorial membuat efek kertas sobek pada teks :

1) Buat Layer sebagai background dan berilah warna gradient denga menggunakan Gradient Tool. Setelah itu dengan font "Lot" tuliskan teks "ART" dengan setiap huruf memiliki layer sendiri (Lihat Gambar) 



2) Klik dua kali Layer A hingga muncul popup layer style. Pilih Gradient Overlay lalu atur :
Opacity : 54
Style : Angle 
Angle : -90 
yang lain biarkan saja 

3) Masih di layer style, pilih Drop Shadow, lalu atur :
Opacity : 23
Angle : 126
Distance : 10
Spread : 8
Size : 16 

4) Masih di layer style, pilih Styles pada kotak paling atas. Setelah itu klik New Style lalu klik OK. Hal ini berfungsi untuk menyimpan style.


5) Sekarang kita beralih ke Layer R. Buka Styles Palette dengan cara klik Windows > Style. Setelah itu, klik style yang kamu simpan tadi, otomatis layer R akan mengikuti style layer A.  


6) Lakukan hal yang serupa pada Layer T agar layer T memiliki style sama dengan layer A. Sehingga layer A,R dan T memiliki style yang sama.


7) Klik dua kali pada layer R. Klik pada Gradient Overlay karena kita akan melakukan sedikit perubahan. Pada bagian Angle, yang tadinya -90 diubah menjadi 180. 

Anda juga bisa mengatur letak efek dengan cara klik dan drag sesuai letak yang kamu inginkan. (Perhatikan kursor pada gambar di bawah). Setelah itu klik OK.


8) Sama seperti langkah 7, klik dua kali pada layer T, lalu klik pada Gradient Overlay. Ubah angle menjadi 0. Setelah itu, klik OK.


Dan seperti inilah hasil akhir pada Tutorial Membuat Efek Kertas Sobek Pada Teks.

Saya adalah seorang blogger yang masih pemula. Mempunyai hobi bermain game dan desain dan menggiati dunia komputer membuat saya termotivasi membuat blog bertema Game, Komputer dan Desain. Jika ada kesalahan pada artikel yang saya tulis, saya mohon maaf

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »