Tutorial Photoshop : Cara Membuat Flat Typography

Contoh flat typography

SMPRL.ID akan menjelaskan bagaimana cara membuat flat typography dengan photoshop. Disini anda tidak hanya mendapat tutorial, tapi juga tips agar hasil karya anda lebih baik. Flat Typography merupakan salah satu karya dengan teknik typography yang populer. Typography jenis ini sering digunakan untuk poster, flyer, atau semacamnya. 

Tips Membuat Flat Typography 

Sebelum menuju tutorial, anda harus tahu apa saja tips membuat flat typography agar karya yang anda hasilkan mempunyai nilai estetika yang tinggi.
  • Tips 1 : Gunakan background gelap dan teks terang. Hal ini dilakukan agar orang-orang lebih memperhatikan tulisannya. Untuk background anda bisa menggunakan warna seperti merah, biru, ungu, hijau, cokelat, dan hitam. Sedangkan untuk teks, warna terbaik adalah putih (#ECF0F1). Usahakan agar tidak menggunakan kode #FFFFFF untuk tulisan karena warnanya yang terlalu terang akan menghilangkan nuansa flat. 
  • Tips 2 : Gunakan satu warna untuk teks. Jika semua teks menggunakan warna yang sama, maka orang-orang akan membaca semua teks. Bahkan jika watermark anda menggunakan warna yang sama juga, orang-orang kemungkinan besar juga akan membaca watermark anda. Hal ini juga dimaksudkan untuk menambah suasana flat.
  • Tips 3 : Gunakan 1-2 warna untuk background. Anda bisa menggunkan satu atau dua warna untuk background. Jika anda anda menggunakan dua warna, pakailah warna yang sama, misalnya : merah dan merah tua, biru dan biru tua, dll. 
  • Tips 4 : Jangan letakkan watermark di tengah-tengah teks. Anda bisa meletakkan watermark di bawah, disamping, atau di atas teks agar lebih rapi. 
Bahan-Bahan Membuat Flat Typography 

Anda harus menyiapkan bahan-bahan untuk membuat flat typography. Perhatikan gambar dibawah.

Bahan-bahan untuk membuat flat typography

Itulah bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat flat typography
  • Ribbon adalah shape berbentuk seperti pita, dimana anda bisa mengisi teks didalamnya. Pada gambar diatas terdapat tiga ribbon, yaitu pada tulisan "POSTER", "Stylish" dan "FLAT". Keyword google : "Ribbon Photoshop" 
  • Ornament adalah bahan berupa brush yang biasa diletakkan pada kanan kiri teks atau pada atas bawah teks. Keyword google : "Ornament Photoshop"
  • Icon pack adalah bahan berupa gambar atau brush yang biasa digunakan sebagai watermark. Keyword google : "Icon Pack Photoshop"
Tutorial Membuat Flat Typography

1) Buat dokumen baru (Ctrk + N) dan fill dengan Paint Bucket Tool, anda bisa menggunakan 1 atau dua warna untuk background. Di percobaan kali ini, saya menggunakan dua warna. 

Buka dokumen baru dan fill dengan paint bucket tool

2) Isikan teks yang anda inginkan. Teks bisa berupa kalimat motivasi, lelucon, sindiran, atau kadang saya memakai penggalan lirik lagu. 


3) Beri hiasan, bisa berupa shape yang sudah disediakan atau bisa menggunakan ribbon.


4) Beri juga ornament dan letakkan dimana saja anda mau.


5) Beri watermark agar karya tidak dicuri oleh pihak lain. 


Sekarang tinggal di save dan inilah hasil karya saya :


Saya adalah seorang blogger yang masih pemula. Mempunyai hobi bermain game dan desain dan menggiati dunia komputer membuat saya termotivasi membuat blog bertema Game, Komputer dan Desain. Jika ada kesalahan pada artikel yang saya tulis, saya mohon maaf

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

2 komentar

komentar
8 Juni 2016 pukul 04.17 delete

Kalu watermarknya di taruh di bawah, bisa dicuri dgn cara crop :v

Reply
avatar