Tutorial Photoshop : Membuat Simple Line Art



Setelah lumayan lama vakum, saya kembali dengan Tutorial Photoshop : Membuat Simple Line Art. Sebenarnya saya bingung apa nama teknik ini. Awalnya saya hanya iseng buat tapi ternyata banyak yang minta tutor. Karena bentuknya seperti line art dan sangat simpel, maka saya sebut ini Simple Line Art. 

Membuat Simple Line Art ini tidak terlalu sulit, karena kita hanya menggunakan pen tool untuk membuat garis saja. Hanya membutuhkan ketelitian, kesabaran, dan kreatifitas. Dan ini dia tutorial bagaimana cara membuat Simple Line Art. 

1. Buat layer baru
Ctrl + N. Disini saya menggunakan ukuran 2000 x 2500 pixel.
klik gambar untuk memperbesar

2. Beri warna bacground

Dalam langkah ini saya juga menentukan warna putih #ECF0F1 untuk background dan warna hitam #2B2B2B untuk garis. Untuk mewarnai background, saya menggunakan paint bucket tool. 
klik gambar untuk memperbesar

3. Open image 
Open gambar yang akan anda buat simple line art. Untuk gambarnya, anda bisa menggambar sendiri lalu di scan atau bisa dengan mendownload dari google. Disini saya akan menggunakan gambar dari google, yaitu Jun Naruse, tokoh anime dari film Kokoro ga Sakebitagatterunda. Setelah open image, sesuaikan ukuran dan letaknya.
Sebenarnya tidak harus gambar yang HD, tapi semakin besar resolusinya semakin mudah.
klik gambar untuk memperbesar

4. Tentukan ukuran ketebalan garis
Anda dapat menentukan ketebalan garis sesuai dengan ukuran gambar anda. Saya yang memakai ukuran 2000 x 2500 pixel memilih ketebalan garis 3 pixel. Caranya klik brush tool. Pilih brush yang bentukknya bulat. Untuk Size, isi sesuai yang anda inginkan dan untuk Hardness, isi 100%.
klik gambar untuk memperbesar

5. Buat Garis
Caranya, klik pen tool, buatlah garis sesuai yang ada di gambar, jika sudah selesai, perhatikan urutan langkah dibawah ini.
1) klik kanan, lalu pilih stroke path
2) akan muncul window stroke path, pastikan simulate pressure nya dalam keadaan tidak tercentang, lalu klik ok
3) klik kanan lagi, lalu pilih delete path
Jika diurutkan, begini urutannya : buat layer baru, buka pentool, buat garis, klik kanan > stroke path, klik ok atau tekan enter, klik kanan > delete path. Ulangi langkah tersebut dari awal (buat layer baru) untuk membuat setiap garis. Jika anda menghafal, hal itu dapat dilakukan dengan sangat cepat.
Klik kanannya dibagian gambar ya.
Usahakan satu garis satu layer. Jadi wajarya kalo misal layernya sampe ratusan.
Jika sudah selesai, anda bisa menghilangkan gambar asli dengan menekan ikon mata dibagian samping layer. Sehingga yang terlihat hanya garisnya saja.
klik gambar untuk memperbesar
klik gambar untuk memperbesar

6. Selesai :)
Horee, SImple Line Art kita sudah selesai ! Oh ya, agar lebih rapi dan mudah ketika mau mengatur layer, semua layer garis saya masukkan ke dalam folder. Saya juga menambahkan teks dan watermark. 


Lihat gambar diatas, folder bernama part adalah folder yang berisi layer-layer garis. Perhatikan layer 2 pada gambar diatas, itu adalah gambar asli yang saya download dari google, lalu setelah selesai, saya sembunyikan layer tersebut dengan meng-klik ikon mata disamping layer sehingga hanya garisnya saja yang terlihat. 



Gambar diatas adalah hasil karya saya. Anda bisa mencoba denan gambar-gambar lain yang lebih rumit lagi karena dapat meningkatkan keahlian membuat garis menggunakan pen tool yang akan berguna untuk membuat karya-karya selanjutnya. Dibawah ini merupakan Simple Line Art karya saya. 




Semoga bemanfaat, terima kasih :)

Video Tutorial :


Saya adalah seorang blogger yang masih pemula. Mempunyai hobi bermain game dan desain dan menggiati dunia komputer membuat saya termotivasi membuat blog bertema Game, Komputer dan Desain. Jika ada kesalahan pada artikel yang saya tulis, saya mohon maaf

Share this

Related Posts

Latest
Previous
Next Post »

1 komentar:

komentar