Tanda Tanda Komputer Kamu Terkena Virus


Virus Komputer adalah program / aplikasi yang dapat menggandakan dirinya sendiri dan menyebar dengan cara menyisipkan dirinya pada program dan data lainnya. Biasanya keberadaan virus tidak diketahui oleh penggunanya. Virus sangat berbahaya bagi komputer karena virus akan menyebabkan banyak masalah entah itu yang terlihat atau yang tidak terlihat. Untuk itu kita harus mengetahui tanda-tanda keberadaan virus pada komputer.

Dan berikut ini 10 tanda bahwa komputer sudah terinfeksi virus :

1) Komputer terasa lambat / sering ngelag.
Virus adalah salah satu penyebab masalah ini. Virus juga bisa menyebabkan kerusakan pada sistem. Banyak jenis virus yang dapat menyebabkan komputer terasa lambat. Untuk mengatasi masalah ini, anda bisa membersihkan virus dengan antivirus.

2) Komputer tidak mau merespon perintah (nge-hang).
Virus juga bisa merusak bagian dari hard drive, sehingga kita tidak bisa membuka program. Untuk mengatasinya, anda perlu menjalankan Windows Safe Mode kemudia matikan fasilitas system restore, dan dengan menggunakan aplikasi virus cleaner anda bisa membersihkan virus dan jangan lupa untuk meng-update OS.  

3) Komputer sering restart sendiri.
Solusi untuk masalah ini adalah dengan melakukan scan dengan antivirus yang sudah diupdate.

4) Antivirus mati sendiri.
Supaya virus tidak terhapus, biasanya virus mencoba untuk menghalangi kerja antivirus sehingga antivirus bisa tiba-tiba tidak aktif. Ada tiga cara untuk mengatasi masalah ini :

a) Antivirus diinstall ulang lalu scan komputer anda.
b) Menggunakan antivirus lain untuk scan komputer anda.
c) Mencabut hardisk dan scan di komputer lain.
5) Hard Drive tidak bisa diakses.
Virus ini secara perlahan dapat merusak hard drive. Kita harus rajin melakukan scanning agar virus ini tidak menyerang komputer kita.

6) Muncul masalah pada printer sehingga tidak bisa print.
Virus juga dapat menyebabkan kita tidak bisa ngeprint. Dengan cara memblok port yang digunakan untuk printer, bahkan kemungkinan virus tersebut bisa merusak sistem operasi.

7) Muncul popup virus dan iklan.
Virus jenis ini merupakan virus yang sangat menyebalkan. Popup selalu muncul dimana-mana bahkan setelah kita menutup browser. Virus ini juga sulit terdeteksi oleh antivirus. Anda bisa menghilangkan virus ini dengan aplikasi AdwCleaner.

8) Tidak bisa download dan install antivirus.
Masalah ini disebabkan oleh sality. Sality adalah salah satu virus komputer yang masuk ke dalam sistem Microsoft Windows, khususnya pada berkas yang mudah dieksekusi (executable berupa berkas dengan akhiran EXE ), sehingga virus akan menduplikasi dan menyebar otomatis ketika membuka berbagai program/ aplikasi pada komputer. 

Anda bisa menggunakan aplikasi Sality Remover untuk melibas virus ini. 

9) Icon desktop, folder dan file hilang.

Itulah tanda-tanda komputer anda terkena virus. Untuk mencegahnya, anda harus memasang antivirus di komputer dan update secara berkala. Tetapi anda juga tidak boleh memasang terlalu banyak antivirus. Selain itu anda juga harus lebih berhati-hati ketika surfing di internet. Jangan mudah terpancing dengan iklan di internet. 

Saya adalah seorang blogger yang masih pemula. Mempunyai hobi bermain game dan desain dan menggiati dunia komputer membuat saya termotivasi membuat blog bertema Game, Komputer dan Desain. Jika ada kesalahan pada artikel yang saya tulis, saya mohon maaf

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »