Tutorial Photoshop : Cara Membuat Efek Cat Air


Di artikel ini anda dapat mempelajari bagaimana cara membuat efek lukisan cat air menggunakan photoshop. Sebelum melakukan proses editing, anda harus menyiapka 2 buah bahan yaitu foto yang akan diedit dan brush watercolor. Untuk brush watercolor, anda bisa mencari di google dengan keyword "Brush Watercolor Photoshop". Setelah selesai download anda bisa load brush tadi (format .abr) ke dalam photoshop. Setelah itu anda bisa memulai proses editing. Berikut langkah-langkahnya :

1) Masukkan foto yang akan diedit ke photoshop, namai "Layer 0". Setelah itu, duplicate layer 0 tiga kali dengan cara klik kanan > duplicate layer sebanyak 3X atau juga bisa dengan cara menekan tombol Ctrl + J sebanyak 3X. 


2) Hilangkan ikon mata pada Layer 0 copy 2 dan Layer 0 copy 3.


3) Pilih Layer 0 copy, pada menu bar, pilih Filter > Artistic > Cotout. Lalu atur angkanya :
Number of Levels : 6
Edge Simplicity : 5
Edge Fidelity : 2
Setelah itu klik OK.

4) Ubah blending mode pada Layer 0 copy menjadi Luminosity.


5) Munculkan kembali ikon mata pada Layer 0 copy 2. Lalu pilih layer Layer 0 copy 2, dan pada menu bar pilih Filter > Artistic > Dry Brush. Setelah itu atur angkanya :
Brush Size : 7
Brush Detail : 7
Texture : 3
Kemudian klik OK.

6) Ubah blending mode pada Layer 0 copy 2 menjadi Screen.


7) Munculkan kembali ikon mata pada Layer 0 copy 3, Lalu pilih Layer 0 copy 3, dan pada menu bar pilih Filter > Noise > Median. Atur radiusnya menjadi 12 pixels. Setelah itu klik OK.


8) Ubah blending mode pada Layer 0 copy 3 menjadi Soft Light.


9) Tekan tombol Shift pada keyboard, dan secara bersamaan pilih Layer 0 copy, Layer 0 copy 2, Layer 0 copy 3, untuk menyeleksi. Kemudian klik kanan dan pilih Merge Layers untuk menggabungkan layer tadi menjadi satu layer. 


10) Ubah foreground menjadi putih (#ffffff) setelah itu buat layer baru, tempatkan layer baru tersebut diatas Layer 0 copy 3. Kemudian dengan Brush Tool (B) pilih brush yang sudah kamu download tadi lalu sapukan pada gambar. 


11) Duplikat Layer 1 sebanyak 3 kali, lalu posisikan hingga menutupi objek. Jika dengan 3 layer belum bisa menutupi objek, anda bisa duplikat lagi dan posisikan lagi hingga menutupi objek. Setelah itu pilih semua layer yang berisi brush tadi, klik kanan dan pilih Merge Layers.


12) Sekarang saatnya menyeleksi brush. Tekan Ctrl lalu klik thumbnail pada Layer 1 copy 2, kemudian klik ikon mata untuk menyembunyikan layer tersebut.


13) Pilih Layer 0 copy 3, kemudia klik ikon Add layer mask yang ada di bagian bawah layer palette.

14) Selanjutnya, dengan Paint Bucket Tool, warnai Layer 0 dengan warna putih.


15) Yang terakhir, buat layer baru di atas Layer 0, dengan Brush Tool, anda bisa memainkan imajinasi anda, anda bisa menambahkan brush sesuka hati anda.


Dan ini dia hasil akhir karya saya :

Pada karya saya diatas, saya juga membubuhkan tanda tangan saya sebagai watermark. Jika anda juga ingin memasang tanda tangan anda bisa baca artikel Cara Membuat Tanda Tangan dengan Photoshop. Jika anda merasa kesulitan, anda bisa simak video berikut ini :



Terima kasih, semoga artikel ini bermanfaat.  

Saya adalah seorang blogger yang masih pemula. Mempunyai hobi bermain game dan desain dan menggiati dunia komputer membuat saya termotivasi membuat blog bertema Game, Komputer dan Desain. Jika ada kesalahan pada artikel yang saya tulis, saya mohon maaf

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »