Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan Ketika Merakit PC


Ada banyak hal yang harus kita lakukan ketika akan membeli sebuah komputer. Ketika kita membeli komputer, sebaiknya kita menyusun sendiri spesifikasinya untuk menghindari jebakan toko. Tidak sedikit toko yang menipu pembelinya, misalnya, ketika kita ingin membeli PC dengan budget 6 juta, toko tersebut memberi PC dengan spesifikasi rendah. Padahal dengan 6 juta anda sudah bisa dapat PC dengan (mungkin) processor i3 , ram 8GB , dan VGA GTX series. Maka, untuk menghindari hal itu, saya menulis artikel ini. 

Berikut hal-hal yang perlu dipehatikan ketika merakit PC

1) Perhatikan Budget !
Ini adalah hal yang sangat penting. Spesifikasi yang kita susun harus seimbang untuk menghindari bottleneck. Ketika anda mempunyai budget 10 juta, maka dengan 10 juta itu kita harus menyusun spesifikasi dengan seimbang. Jangan sampai kita pakai 5 juta hanya untuk VGA, dan 5 juta lainnya untuk Processor, RAM, PSU, Case, HDD, dll. 

Intinya, jangan hanya fokus pada satu hardware. 

2) Pandailah Memilih Brand !
Poin nomor 2 ini juga ada kaitannya dengan budget. Ketika anda ada budget 3 juta untuk VGA, maka anda jangan memilih (misalnya) Gigabyte GTX 950 karena di rentang harga yang sama, anda sudah bisa mendapatkan Zotac GTX 960 2GD5 AMP yang memiliki peforma diatas GTX 950. Sama seperti hardware lainnya seperti RAM, Processor, dll anda harus pandai memilih brand.

Anda harus mendapatkan PC dengan spesifikasi sebaik-baiknya dengan harga semurah-murahnya. 

3) Usahakan Menggunakan Soket Terbaru !
Soket baru selalu memiliki teknologi lebih unggul dibandingkan soket sebelumnya. Saat ini usahakan menggunakan soket terbaru yaitu Skylake. Jika anda fans AMD anda bisa bersabar dahulu karena AMD Zen telah diperkenalkan di Computex 2016 Taiwan dan rencana akan rilis beberapa bulan lagi. Kedua soket itu sudah support DDR4 sehingga pastinya peforma akan lebih bagus. 

4) Pilih Hardware Sesuai Kebutuhan !
Sebenarnya semua hardware berperan dalam setiap kebutuhan. Akan tetapi, tidak semua hardware berperan penuh. Misalnya untuk game, hardware yang paling berperan penting adalah VGA, RAM lalu Processor. Misalnya dari dua spesifikasi dibawah ini :
a) Intel i3 6100 & Zotac GTX 960 ( 4,1 juta ) 
b) Intel i5 6400 & Inno3D GTX 750 Ti ( 4,1 juta ) 
*spesifikasi lain sama
Dari kedua spesifikasi tersebut, mana yang lebih baik ? 
Jika anda membutuhkan PC untuk gaming, maka poin a lebih baik, sedangkan jika anda akan menggunakan PC untuk desain, maka poin b lebih baik. 

Itu saja hal-hal yang perlu anda perhatikan ketika merakit PC. 

Saya adalah seorang blogger yang masih pemula. Mempunyai hobi bermain game dan desain dan menggiati dunia komputer membuat saya termotivasi membuat blog bertema Game, Komputer dan Desain. Jika ada kesalahan pada artikel yang saya tulis, saya mohon maaf

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »